Signifikansi Politik Ultah PKS Ke-10

BH, 21/05/08

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) baru saja merayakan hari lahirnya yang ke-10. Puncak perayaannya baru saja dilaksanakan di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Ahad 4 Mei 2008.

Pada puncak acara tersebut banyak tokoh politik Indonesia yang hadir termasuk Presiden Yudhoyono, Wakil Presiden Yusuf Kalla dan beberapa tokoh lainnya yang berniat mencalonkan diri menjadi presiden seperti Wiranto, Sutiyoso dan Akbar Tanjung.

Mengapa perayaan hari lahir ke-10 PKS ini banyak dihadiri oleh politikus senior bahkan presiden dan wakil presiden?

Rupanya PKS yang sedang naik popularitasnya dianggap sebagai salah satu partai Islam yang paling siap menghadapi pemilu 2009. Tak heran kalau dalam puncak acara itu PKS menargetkan kemenangan 20% dukungan pada pemilu 2009.

Kesiapan dan kesolidan partai Islam ini terlihat ketika dua calon gubernur yang diusung PKS memenangkan pilihan gubernur di Jawa Barat dan Sumatera Utara pada bulan April lalu. Kehadiran kira-kira 150 ribu kadernya di Gelora Bung Karno Jakarta pada perayaan ini juga menjadi bukti besarnya massa pendukung PKS.

Kader-kader PKS terkenal sangat solid dan jarang terjadi konflik internal, apalagi jika dibandingkan dengan partai lainnya seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berkali-kali dilanda konflik internal partai. Sampai saat ini PKB masih disibukkan dengan konflik internal antara Ketua Dewan Syuro Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dengan Ketua Tanfidziyah Muhaimin Iskandar.

Bukan tidak mungkin kalau simpatisan PKB yang umumnya orang Islam dan warga Nahdhatul Ulama (NU) akan banyak yang loncat memilih PKS kalau konflik internal itu tidak segera diselesaikan.

Selain karena memang diundang oleh PKS, kehadiran para tokoh politik diperayaan hari lahir PKS menunjukkan bahwa PKS merupakan partai politik yang perlu didekati dan akan memainkan peranan signifikan pada pemilu 2009.

Rupanya PKS sendiri menyambut kehadiran para tokoh itu dengan menawarkan kepada para tokoh politik yang hadir untuk bersaing menjadi calon presiden dari PKS. Ketua Majlis Syuro PKS KH. Hilmi Aminuddin dengan tegas mengatakan bahwa PKS membuka peluang bagi siapa saja termasuk Wiranto, Sutiyoso dan Akbar Tanjung untuk dijadikan calon presiden dari PKS.

Peringatan hari lahir PKS yang ke-10 ini juga sangat signifikan karena bertepatan dengan peringatan 10 tahun masa Reformasi di Indonesia dan 100 tahun peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Karenanya thema yang diusung PKS pada perayaan ini adalah ‘Bangkit Bersama Membangun Negeri”.

Rupanya PKS memang serius dengan thema mengajak semua lapisan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama bangkit dari keterpurukan dan membangun ekonomi dan politik Indonesia yang kuat ditengah persaingan ekonomi-politik global.

Karenanya dalam rangkaian acara hari lahir ke-10 ini, PKS juga meluncurkan buku yang berjudul Memperjuangkan Masyarakat Madani: Falsafah Dasar dan Platform Kebijakan Pembangunan PKS. Buku dengan tebal 543 halaman ini berisi tentang platform dan strategi bagaimana PKS siap membangun Indonesia yang maju, makmur dan sejahtera.

Pengamat politik Azyumardi Azra yang juga menjadi pembahas dalam peluncuran buku itu menyebutkan bahwa salah satu kelebihan PKS adalah sudah mempunyai platform dan strategi yang jelas kalau memenangkan pemilu dan menjadi ruling party di Indonesia. Menurut Azra, tidak banyak partai politik di Indonesia yang sudah mempunyai platform dan strategi selengkap dan serinci PKS.

Dalam buku itu juga disebutkan bahwa negara Indonesia yang dicita-citakan oleh PKS adalah terwujudnya masyarakat madani yang adil dan sejahtera yang diridhai Allah dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menghargai keragaman etnik, agama dan budaya Indonesia.

Artinya, menurut Azra, kekhawatiran berbagai kalangan terutama media Barat yang sering menyebut PKS akan menjadikan Indonesia sebagai negara Islam adalah tidak berdasar. PKS sama sekali tidak bertujuan mendirikan negara Islam di Indonesia.

Signifikansi keberadaan PKS dalam peta politik Indonesia modern juga diakui oleh Yudhoyono. Makanya dalam sambutan di perayaan itu, presiden mengajak keluarga besar PKS untuk terus menjadi pelopor dalam melanjutkan reformasi di Indonesia yang sudah dirintis oleh gerakan reformasi mahasiswa pada tahun 1998.

Salah satu tujuan reformasi menurut Yudhoyono adalah adanya kebebasan dan majunya demokrasi yang disertai rahmat serta kepatuhan terhadap hukum atau kebebasan yang beretika dan bertanggungjawab.

Ajakan Yudhoyono itu disambut oleh Presiden PKS Tifatul Sembiring yang menegaskan bahwa PKS akan terus menjadi partai koalisi pemerintah yang siap mendukung keberlangsungan pemerintahan Yudhoyono sampai berakhir tahun 2009.

Pertanyaannya, akankah PKS melanjutkan dukungannya pada Yudhoyono di pemilihan presiden 2009?

Dengan besarnya massa dan kesolidan saat ini, PKS akan mempunyai bargain position yang besar pada pemilu tahun depan.

Jika PKS memenangkan minimal 20% suara dukungan rakyat pada pemilu 2009 adalah sangat leluasa bagi PKS untuk memainkan perannya.

PKS bisa saja mencalonkan kader internalnya Hidayat Nur Wahid menjadi calon presiden. Kalaupun tidak, dengan kepopuleran PKS saat ini adalah mudah bagi PKS kalau hanya mengajukan kadernya menjadi wakil presiden. PKS akan sangat mudah jika mau menggandengkan Hidayat Nur Wahid menjadi wakil bagi calon-calon presiden seperti Yudhoyono, Wiranto atau Sutiyoso.

Kita tunggu, apakah kesolidan dan kepopuleran PKS akan terus bisa dipertahankan sampai diselenggarakannya pemilu 2009? Siapakah kira-kira yang akan didukung oleh PKS menjadi calon presiden pada pemilu tahun depan? Wallahu A’lam.


One Response to Signifikansi Politik Ultah PKS Ke-10

  1. parlan says:

    Jadi inget, art performance “perkusi” d panggung utama waktu itu: pake tong minyak tanah dan perabot rumah tangga. Kritik d hadapan penguasa!

    Wallaahua’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: